Tuesday, March 27, 2018

Peradaban Kreta Kuno (3000 - 1450 SM)

Peradaban tertua Eropa dimulai di Pulau Kreta sekitar 4500 tahun silam. Kebudayaan ini disebut kebudayaan Minoa, diambil dari nama Raja Minos yang legendaris. Peradaban ini ditemukan kembali pada sekitar awal abad ke-20 oleh seorang arkeolog Inggris Sir Arthur Evans.
Banyak kisah yang menceritakan tentang Mino membangun sebuah labirin dimana menyimpan sesosok Minotaurus, makhluk berkepala banteng dan bertubuh manusia. Peradaban Minoa mencapai puncak kejayaan pada 2200 hingga 1450 SM. Bangsa Minoa memperoleh kemakmuran berkat kemampuan mereka sebagai pelaut dan pedagang.



Kota-Kota Minoa

Orang-orang Minoa membangun beberapa kota besar yang dihubungkan dengan jalan beraspal. Masing-masing kota itu berbentuk negara kota. Disetiap kota terdapat sebuah istana yang memiliki saluran air, dekorasi, jendela, dan kursi batu. Pengrajin bangsa Minoa terkenal sebagai pembuat gerabah dan pembuat gedung. Mereka juga membuat perhiasan yang indah dari perak dan emas. Ibukota mereka, Knossos memiliki istana termegah. Istana tersebut memiliki apartemen sangat mewah, ruangan untuk upacara keagamaan, rapat dan sekolah. Tembok-tembok didalam istana diplester dan dihias degan berbagai lukisan besar yang idah. Istana kerajaan di Knossos memiliki beberapa lantai dan dibagun dengan kayu, batu dan tanah liat. Ruangan para anggota kerajaan berada di bagian tengah. Ruangan umum berada dilantai atas.


Lukisan pada ruang kenegaraan memiliki dekorasi yang rumit. Ada beberapa lukisan yang berbentuk banteng. Banteng merupakan simbol kekuatan yang disucikan dan kemampuan menghindari tanduknya melambangkan penguasaan akan kekuatan. Orang Minoa melakukan pemujaan terhadap ular di Kreta dan pemujaan terhadap dewi kesuburan. Patung ini mengenakan pakaian yang lazim digunakan wanita Minoa.

Runtuhnya Peradaban

Peradaban maju Minoa berakhir secara tiba-tiba dan misterius sekitar tahun 1450 SM. Letusan gunung berapi di pulau Thera merupakan sebuah bencana besar yang merusak banyak wilayah di Kreta. Keruntuhan terjadi ketika Knossos diserang oleh bangsa Mycenae yang sangat mengagumi bangsa Minoa dan membawa pemikiran mereka ke daratan eropa. Peradaban Yunani Kuno yang terbentuk kemudia berakar dari Kreta


Sumber :
1. Ensiklopedia Sejarah dan Budaya Jilid 1 (Sejarah Purba dan Dunia Klasik - Penerbit PT Lentera Abadi, Jakarta
2. Minotaurus - Wikipedia
3. Knossos In Crete – The Birth Of The Cretan Civilization

No comments:

Post a Comment